0

RS Widiyanti: Ulasan Seputar Diet Serat dan Diet Bugar

Diet sudah banyak dilakukan dengan berbagai jenis diet yang banyak dijalani saat ini. Beberapa diet yang banyak diminati seperti diet serat dengan mengonsumsi makanan yang berserat dalam jumlah tertentu. Ada juga diet bugar dengan latihan fisik yang ditunjang dengan asupan makanan yang tinggi untuk membentuk otot. Kedua diet tentu memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan dan membentuk tubuh ideal yang diinginkan sesuai dengan saran dari dokter RS Widiyanti () .

Berikut adalah manfaat diet serat diantaranya:

  • Mampu menjaga kesehatan jantung dengan konsumsi buah dan sayur setiap hari sehingga asupan serat tinggi 5 porsi akan mencukupi kebutuhan tubuh.
  • Pencegahan kanker, serat dapat memperlancar buang air besar sehingga hal ini berpengaruh positif pada usus dan mencegah terjadinya pembentukan sel kanker pada usus besar.
  • Menurunkan kolesterol, serat berperan penting untuk mengikat kolesterol selama proses pencernaan dan mencegah LDL terserap dan bercampur dalam aliran darah yang bisa menyumbat pada pembuluh darah arteri.
  • Batu empedu dan pencegahan batu ginjal, serat untuk mencegah sejumlah besar insulin memasuki aliran darah selama proses pencernaan yang merupakan kontributor utama penciptaan batu empedu dan batu ginjal
  • Menyehatkan kulit, serat penting untuk membersihkan tubuh dari toksin secara langsung mempengaruhi kesehatan kulit, memudahkan pengeluaran racun dari usus, kulit yang sehat merupakan hasil dari aliran darah yang baik ketika racun dibersihkan dari sistem pencernaan.

Selain itu, mampu mencegah stroke karena sebanyak 25 gram serat dikonsumsi setia hari akan mencegah tubuh dari gangguan ini. Menurunkan berat badan dengan makan biji-bijian, buah dan sayuran menyebabkan tubuh cepat merasa kenyang dan memperlambat rasa lapar sehingga dapat mencegah obesitas, dan mengurangi timbunan lemak. Meringankan diabetes karena akan menjaga keseimbangan gula darah dan menurunkan kadar gula darah dengan mengonsumsinya setiap hari.

Berikut adalah tips diet sehat dan bugar diantaranya:

  • HIT atau high intensity training, dengan lakukan latihan intensitas tinggi hanya dalam 20 menit dalam 4-5 kali seminggu.
  • Makan lebih banyak, makanan berkalori untuk memberi energi saat berolahraga setidaknya 1000 kalori sehari dan seseorang tidak mampu membakar lemak dan membangun otot tanpa lemak dan tubuh.
  • Minum, setidaknya 2-4 liter per hari untuk menghidrasi, meningkatkan pencernaan dan metabolisme lemak dan jauhi minuman bersoda, dan jus.
  • Rajin mengecek timbangan, untuk menjadi motivasi dalam melakukan latihan penurunan berat badan.
  • Istirahat setiap dua hari, untuk memberi diri waktu pemulihan dan jangan mencoba terus berlatih setiap hari tanpa berhenti.

Untuk diet bugar maka sediakan makanan sehat dengan makanan yang segar bukan makanan kaleng dan olahan lainnya. Untuk mendapatkan makanan junk food dapat membuatnya sendiri dengan bahan-bahan yang sehat. Siapkan masakan sendiri dengan olahan dan bahan yang masih alami dengan kebersihan yang terjamin. Kurangi minuman keras karena akan mengurangi untuk pembakaran lemak. Untuk dapat melakukan diet bugar maka sebaiknya jangan mengeliminasi kelompok makanan sebaiknya mengurangi makanan tidak sehat dan menambah makanan yang sehat dalam tubuh.

Untuk menjaga tubuh, RS Widiyanti menyarankan diet volumetrik dimana diet tidak perlu mengonsumsi makanan tidak sehat dengan makanan tinggi kalori sebelum makan besar. Diet ornish yang dilakukan dengan makanan rendah lemak dan karbohidrat tinggi, dengan syarat harus menghindari permen, alpukat, kafein, dan mentega. Diet atkins yang hanya mengonsumsi telur, ikan rendah lemak, ayam tanpa kulit maupun keju beku dan tahu.

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *