0

Simak Penjelasan Lengkap dan Fungsi Psikologi Kesehatan Berikut Ini!

Psikologi kesehatan telah ditetapkan sebagai bidang spesialisasi klinis. Hal ini mengacu pada peranannya untuk pengobatan perilaku seseorang. Ilmu ini menjadi bagian yang tidak terlepas dari bentuk keprihatinan semua pihak kesehatan. Seperti dari data yang telah dikumpulkan jumlah penderita depresi kian menanjak setiap tahunnya. Kondisi tersebut didukung oleh berbagai penyebab. Bukan hanya karena tidak mampu seseorang mengelola mental dengan baik. Ada beberapa penyakit turunan yang memang berdampak pada psikis yang membuat penderitanya merasakan kekhawatiran yang mencekik.

Muhibbin Syah berpendapat bahwa ilmu pengetahuan tersebut mempelajari mengenai sikap atau tingkah laku seseorang secara terbuka. Misalnya melalui, gaya bicara, duduk, berjalan, dan sebagainya. Selain itu juga ditinjau melalui sikap tertutup. Meliputi, berpikir, keyakinan, dan perasaan manusia dalam berbaur dalam lingkungan. Sedangkan menurut Kurt Koffka ialah sebuah pengetahuan yang lebih menitik beratkan kepada perilaku seseorang dan hubungan mereka dengan dunia eksternal atau luar.

Dari pendapat ini bisa digaris bawahi bahwa mental manusia tercermin dari perilaku setiap individu. Perkembangan zaman yang kian cepat menuntut manusia untuk bergerak dengan tergesa-gesa. Belum lagi tekanan yang muncul dari berbagai sudut membuatnya semakin sesak. Persaingan di semua bidang serta kewajiban pekerjaan yang harus diselesaikan dengan sempurna, dan faktor lain dari luar yang memuat seseorang kehilangan kendali. Sehingga rasa khawatir serta cemas meliputi dirinya.

Seperti halnya ilmu pengetahuan lain psikologi juga mempunyai beberapa fungsi. Anda yang tertarik dengan dunia ini tidak ada salahnya untuk mulai mengembangkan diri belajar mengenai diri seseorang. Menurut beberapa kajian terjadi peningkatan tenaga psikolog pada era modern. Kondisi itu bisa terjadi karena salah satu faktor di atas. Berikut 4 fungsi yang dimaksud:

1. Deskripsi atau penggambaran

Fungsi pertama ini ditujukan untuk memberikan gambaran terhadap pihak medis mengenai apa yang sebenarnya dialami oleh pasien. Metode yang dilakukan masih sama yaitu mengamati sikap seseorang melalui tingkah lakunya.

2. Menjelaskan hasil deskripsi

Berikutnya terdapat fungsi eksplain yang digunakan para ahli untuk memberikan penjelasan mengenai apa yang ditemukan melalui proses deskripsi. Biasanya mereka akan mengungkapkan kenapa, bagaimana, serta apa yang sebenarnya terjadi.

3. Prediksi

Fungsi ketiga ialah memprediksikan kondisi sementara. Hasil tersebut bisa tercapai setelah menemukan berbagai pertanyaan yang muncul dalam proses eksplain (menjelaskan). Pada tahap ini biasanya psikolog sudah mengetahui apa yang seharusnya ia lakukan guna membantu pasien.

4. Pengendalian

Fungsi keempat menjadi penentu atas tindakan yang harus dilakukan. Bentuk dari controlling bisa berbentuk pencegahan, rehabilitasi serta intervensi. Psikolog akan menyesuaikan dengan kebutuhan pasien.

Kesehatan tidak hanya menyangkut mengenai fisik. Melainkan keseluruhan yang berada dalam diri manusia. Termasuk jiwa serta mental yang juga membutuhkan asupan. Asupan inilah yang nantinya akan digunakan sebagai obat penenang. Tidak ada salahnya untuk mengikuti kelas yoga atau pun kegiatan lain yang bisa membuat hati lebih tenang. Sebagai seorang manusia khawatir dan cemas itu hal yang lumrah dialami. Namun, ketika rasa itu dirasa mengurangi produktivitas Anda. Maka ada baiknya segera berkonsultasi dengan ahlinya untuk mendapatkan solusi terbaik.0

Psikologi berada dalam deretan ilmu pengetahuan yang bertanggung jawab untuk lebih dekat pasien. Mereka menghampiri penderita sebagai teman. Tidak ada salahnya bercerita dengannya. Sebab, psikolog akan berusaha memberi alternatif terbaik untuk membantu jiwa Anda yang ng bermasalah. Tidak ada yang perlu ditakutkan karena Anda punya kendali lebih besar.

 

 

karim6000

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *